CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

. Yamaha Mio 2007 (Lamongan)



Eropa Style

1573mio-geba-gt-1.jpgSkubek yang katanya motor cewek itu memang sudah sering dimodif jadi jantan. Mulai dari gaya trail, low rider dan buaaanyak lagi. Tapi kadang tema atau konsep ubahan terlalu nyeleneh sehingga malah asing dilihat. Beda dengan karya terbaru dari Geba Leisure Parts (GLP), Bandung kali ini.

Mio yang katanya otomatis duluan itu terlihat jadi lebih lelaki. Motornya sendiri milik seorang pengusaha dari Lamongan, Jawa Timur. “Konsepnya mengarah ke Eropa Style, di sana kan banyak matik yang buat cowok,” kata Gerie Nur Mayurie, pimpinan GLP. 1574mio-geba-gt-2.jpg

Memang beberapa detail mengambil inspirasi dari Peugeot Ludix, skuter yang lagi popluer di Perancis sana. Misalnya, model head lamp dan bodi samping. Untuk itu, bodi Mio yang slim dibuat lebih endut. “Itu supaya gagah, sehingga nggak cewek banget lagi,” timpal Ardhi Kupret, jagoan desain dari GLP.

Urusan memperbesar bagian ini digarap detail. Coba lihat cover kipas magnet yang dibuat lebih besar mengikuti bentuk cover bodi. Sehingga antara keduanya menjadi sama-sama melebihi ukuran standar. Enggak hanya diperlebar, bodi belakang juga dibikin lebih pendek sehingga motor sekarang menjadi lebih semok.

1575mio-geba-gt-3.jpgPada bagian cover bodi juga dilakukan penambahan detail yang merupakan inovasi baru. Misalnya ada pipa krom di bodi samping kiri dan kanan. Terlihat menarik memang, tapi apa maksudnya ya?

“Kalau motor laki itu kan terlihat keren dengan deltabox. Nah, ini semacam rangka tipuan,” kekeh Gerie lagi sambil membahas frame palsunya ini.

Material frame palsu tadi menggunakan pipa 1½ inci dengan panjang 140 cm sebelum ditekuk. Cara pemasangannya menggunakan baut ke rangka asli. Hal itu untuk mempermudah proses bongkar pasang.1576mio-geba-gt-4.jpg

Tuntas masalah bentuk, tinggal finishing yang tentunya juga harus macho. “Makanya pakai cat doff, kalau terlalu kinclong malah berkesan girly nantinya,” lanjut pria yang baru mendapat bayi pertama ini.

Urusan kelir ini sepakat menggunakan merek Spies Hecker. Langkah awal seluruhnya dicat silver. Kemudian untuk bagian yang berkelir merah ditimpa cat candy red. Sedang penentuan berubah menjadi dof atau kusam itu adalah dalam pemilihan pernis. Menggunakan tipe khusus yang bisa menimbulkan efek itu.

“Secara efek motor menjadi lebih serem tapi kelemahannya saat hujan atau terkena air, bodi tampak belang antara yang basah dan enggak,” aku Gerie jujur. Artinya antiair dong!

CUSTOM SETANG X1R

Untuk urusan kemudi, Gerie kepincut menggunakan komponen dari Yamaha X1R. Sudah jamak memang. Desain yang gagah menimbulkan kesan kokoh, begitu sempat diutarakannya.

Tapi taunya, posisinya nggak pas dengan bodi dan riding position di Mio ini sekarang. “Makanya dicustom pada bagian batangnya dengan penambahan aluminium baru setinggi 8 cm,” kata Gerie.

Dengan bentuk dan desain baru ini, posisi tangan jadi lebih enak. Terutama saat bekendara. Posisi kemiringan juga bisa diubah-ubah.

GADGET HI-TECH

1577mio-geba-gt-5.jpgNamanya juga bergaya Eropa modern, pastinya butuh peranti atau gadget high end. Karena itu, skubek ini juga diinstalkan GPS dan IPod Video yang berkemampuan hingga 80 gigabyte. Untuk suara disambungkan ke speaker tabung Haltech yang dipasang di atas dek.

“Posisinya dibuat enggak mengganggu kenyaman kaki pengendara, setidaknya si pemilik motornya. Kita sudah ukur semua,” beber Ardhi Kupret yang kakak kandung vokalis grup band Cangcuters itu.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Deli Tire 120/60-14
Ban belakang : Deli Tire 140/60-14
Pelek depan : Custom 5x14 inci
Pelek belakang : Custom 6x14 inci
Sok depan : Posh
Sok belakang : YSS Classic
Knalpot : Koso
Lampu depan : Aftermarket Taiwan
Sein : Honda CT 70
Visor : Geba Leisure Part
GLP : (022) 7301937



0 komentar:

Posting Komentar