CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Slang Pompa Oli Samping Terancam (Kawasaki Ninja 150)


Slang Pompa Oli Samping Terancam

1675slang-pompa-oli-ninja---end.jpgKawasaki Ninja 150 selalu jadi tantangan buat penyuka kebut. Tapi kudu waspada jika sering seting karburator dan valve intake. “Kalau ndak hati-hati, bisa merusak slang oli samping yang ke intake manifold,” wanti Didik Sudadana, mekanik bengkel resmi Kawasaki M-Tech di Gading Serpong, Tangerang.

Didik kerap menemukan ini. Saat melakukan servis, Ninja R atau RR, taunya slang oli samping itu udah patah. Patahnya di bagian sambungan antara slang dan besi babet yang nyambung ke pompa oli. Posisinya di dekat gir depan.

“Mestinya slang ini awet sampai motor hancur. Menurut saya, kerusakan itu disebabkan pas bongkar intake manifold. Saat nyopot slang oli samping dari intake manifold. Baut pengikat slang ke pompa oli samping tidak dilepas dulu,” ujar mekanik murah senyum yang juga adik begawan korek Ibnu Sambodo yang mengawal tim balap Kawasaki Elf IRC NHK Rextor M-Tech.1676slang-pompa-endro-2.jpg

Nah, problem ini akan jadi ranjau jika proses bongkar-pasang intake manifold selesai dilakukan. Tanpa disadari oli samping gak naik ke karburator, malah menetes ke sproket depan. Ujung-ujungnya asupan pelumas silinder berkurang. Akibat sisanya tahu dong…, silinder blok bisa baret, atau minimal overheat.

Jadi, solusinya simpel. Jika bongkar pasang karbu dan intake manifold, wajib ngendurin atau melepas baut pengikat slang pompa oli ke intake manifold. Sebab, slang pompa oli ini kaku. Jika sering tertekuk, slang pasti akan patah.

PENGOBATANNYA

Harga slang pompa oli Ninja terhitung murah. Banderol di kisaran Rp 65.000. Masalahnya, nggak setiap bengkel sedia stok. Mengatasi sementara, Didik punya solusi menarik. “Cuma perlu sedotan air mineral gelas atau plastik isi pulpen,” ujarnya.

Memakai plastik isi pulpen lebih mudah. Cukup susupkan isi pulpen ke kedua lubang slang yang patah, lalu direkatkan pakai lem cair yang kuat (gbr. 1). Tapi, Didik lebih suka pake sedotan air mineral. Sebab diameter lubang sedotan seukuran lubang slang pompa oli samping. Hanya saja, saat dipasang kudu besarin lubang kedua ujung slang pompa oli yang patah tadi dengan bor (gbr. 2).



4 komentar:

Anonim mengatakan...

NINJA GUWE KO SERING NGEMPOS TARIKAN KURANG TOLONG SOLUSINYA DI TUNGGU DI EMAIL:JONO.MENYONGSONG@GMAIL.COM

ivan mengatakan...

bermutu banget ini ilmunmyah :*
loveyou om :*

Unknown mengatakan...

Oli samping sy buntu gak mau jalan. Solusinya dong

Unknown mengatakan...

Kak oli samping ku selangnya bocor yg menuju tabung oli samping.... Klo ganti selang bensin bisa gk.. Mohon di balas

Posting Komentar