CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

megapro brush

HONDA MEGA PRO 2003 (MALANG)


294sport-candra--(10).jpgKalau hanya berdasarkan fotonya saja, pasti nggak ada yang bakal tahu ini motor merek apa. Berani taruhan deh. Pasalnya seluruh identitas yang menjadi ciri tertutup semua. Misalnya saja bentuk rangka, desain mesin atau lampu depan dan belakang. Semuanya sudah hilang, jadinya kan bikin bingung.

“Itu karena fairing yang benar-benar menutupi seluruh bodi, nggak hanya setengah,” kata Arno dan Ardi dari Amoba Fiber Planet yang bikin ide gokil kali ini. Bentuk baru motor ini menggunakan material fiber. Konon inspirasinya mengambil ide dari Honda CBR400, tapi bagian mananya ya?

“Idenya saja sih, karena semuanya juga dicustom ulang demi menyesuaikan bentuk buritan yang murni ide sendiri,” cerita Arno lebih jauh. Fairing depan yang benar-benar besar ini ternyata terdiri dari 3 bagian atau sambungan. Hal itu supaya lebih gampang dalam pembuatan.295sport-candra--(19).jpg

“Sekilas terlihat enggak optimal dan aneh ya, tapi kalau sudah diajak ngebut, laju motor tetap stabil lho walaupun covernya gede begini,” jujur Arno yang doyan tampil fungky ini. Ah masa iya, bro?

“Tetap stabil karena memperhatikan lekukannya dan dibuat juga lubang udaranya,” timpal Ardi enggak mau kalah. Kisi udara di bagian samping memang cukup lebar, hal itu katanya untuk meminimalisir turbulensi udara jika motor melaju. Adanya lubang itu juga tentunya untuk mempermanis tampilan secara keseluruhan.

297sport-candra--(31).jpgSelain itu meskipun bodi gambot begini mereka tetap mempertahankan arus udara kearah mesin supaya tidak terjadi overheat. Maklum kan masih pendingin udara, belum menggunakan radiator layaknya motor sport gede betulan.

Hal lain yang layak diacungi jempol adalah trik mereka dalam pemilihan cat dan grafis. Sadar bodi baru sudah terlihat begitu besar, maka mereka menggunakan warna dasar putih. Sebab jika warna dasarnya gelap maka akan menimbulkan efek tambah besar, terlihat ngeblok. Jelas jelek tentunya.

Selain itu dengan coretan airbrush bertema grafis maka efek gendut dan besar tadi semakin bisa dieliminir. Itu trik pintar namanya.

KONDOM SOK

Bodi yang berubah gede tentunya harus diikuti kaki yang besar juga. Kalau enggak, jadi lucu dong. Hal itu juga dipahami kedua arek Malang ini. “Karena itu untuk bagian depan sok standar kita tutupi dengan kondom baru menggunakan bahan fiber, jadinya kan lebih gendut juga tuh,” cerita keduanya .

Begitu juga dengan pelek. Mereka ngaku bahwa mereka menggunakan pelek custom yang dibuat sendiri. “Ngerol besinya harus benar supaya jalannya lurus, yang penting tapaknya lebar,” cuap Arno. Tapi yakin aman gak ya?

JOK SOFA296sport-candra--(24).jpg

Ardi sempat mengatakan bahwa inspirasi awalnya diambil dari motor drag Amerika. Cirinya punya ukuran bodi yang panjang supaya stabil saat start. Karena itulah mereka membuat bodi motor ini juga molor sampai 40 cm.

Tapi sayangnya mereka menggunakan jok model sofa. Hal ini tentu saja enggak sejalan alias kurang harmonis. “Malah sekarang jadinya enggak cocok buat balap ya,” aku Ardi usai kelar proyek modifikasinya ini.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Duro 110/60-17
Ban belakang : Batlax 190/50 x 17
Pelek depan : Hand made
Pelek belakang : Hand made
Sok depan : Custom
Sok belakang : YSS
Swing-arm : CBR400
Karburator : RX-King
Amoba Fiber Planet : 0856-357-6002




0 komentar:

Posting Komentar