CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Klakson Tetap Teriak


Klakson Tetap Teriak

1622klakson-dvd-1.jpgKlakson kerap dicuekin alias jarang dirawat. Padahal fungsi penghasil bunyi di motor ini lumayan vital. Perilaku malas itu memberikan efek parah. Terlebih di musim penghujan seperti sekarang. Jarang diperhatikan, klakson bisa ngambek. Dampak lebih parah lagi, jadi males teriak tuh klakson. 1623klakson-dvd-2.jpg

“Biasanya masalah klakson di musim hujan bermula dari switch di setang,” kata Andy Mulki, mekanik Cahaya Logam di Bates Kreo, Ciledug. Bagian itu punya sedikit celah, sehingga air gampang masuk. Akibat masuknya air tadi, maka bagian dalam menjadi berkarat.

“Karena itu langkah awal dimulai dengan menyemprotkan antikarat atau semacam WD-40 (gbr. 1),” kata Koh An, panggilan akrabnya. Jika sudah diberi rust protection seperti itu tapi masih tetap ngadat, maka perlu dilakukan langkah kedua.

1624klakson-dvd-3.jpgStep berikut adalah cek soket di jaringan kabel. “Hal itu perlu dilakukan karena khawatir ada kabel putus,” tambahnya mekanik beruban itu. Bisa diketahui dengan alat bantu tes pen untuk memantau ada arus atau tidak (gbr. 2).

Cara terakhir adalah membersihkan soket yang ada di belakang bodi klakson. Membuat kembali seperti semula, bagian ini cukup menggunakan amplas besi halus (gbr. 3).

Jangan lupa, biasanya di belakang klakson ada setelan. Bisa diputar menggunakan obeng kembang dan tang untuk seting suara sesuai yang diinginkan. Terus diputar sampai dapat suara ideal. Tiit…tiit…



0 komentar:

Posting Komentar