CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Cumi CBR1000RR



Honda CBR150R 2007 (Depok)


665cbr-wardoyo---endro-1.jpgHonda CBR 150R milik Hamka cumi alias cuma mirip Honda CBR1000RR. Iya, kan meski seperti tampang CBR 1000RR tapi dapur pacu tetap 150 cc. “Makanya disebut cumi,” cerita Wardoyo builder dari rumah modifikasi Dave Motor Concept (DMC), Depok.

“Pastinya Hamka minta agar mengubah CBR 150R seperti CBR 1000RR terbaru dengan warna hitam. Pokoknya dia666cbr-wardoyo---endro-2.jpg minta dibuat semirip mungkin tanpa ditambah atau dikurangi,” jelas Wardoyo dari Jl. Raya Depok-Sawangan, No. 15, Depok.

Lalu untuk mengubah tampilan, Wardoyo yang sudah lama main limbah moge dan ketok pelat besi pun bilang ecess saat melakukannya. Apalagi doi mengaku kalau rancangan dimulai dari pemilihan bentuk dan ukuran lampu depan sebelum merombak bagian lain.

667cbr-wardoyo---endro-3.jpg“Karena kejar CBR1000RR versi terbaru, maka lampu depan yang dipilih pakai punya CBR600. Sedikit lebih lebar, sih. Tapi sudutnya mendekati. Lalu dari lampu tadi, fairing, hingga engine-guard berbahan pelat dibentuk mirip CBR1000RR sesuai dimensi,” lanjut cah asli Sragen, Jawa Tengah itu.

Agar garis lekukan pada tebeng samping tidak putus hingga ke belakang, bagian luar rangka asli deltabox dicustom ulang pakai pelat. Tujunnya agar dimensi ikut bertambah lebar juga selaras ketika dijadikan pegangan tebeng samping dan tangki yang juga sudah mengalami perubahan bentuk.

Pun begitu buritan yang bentuknya lebih slim daripada aslinya CBR 150R. Untuk itu Wardoyo yang biasa main ketok pelat ini mengaku mengakali bagian rangka belakang. Agar sedikit naik juga melebar sebelum digabung ke centerbone.

Hasilnya memang jauh dari kata mengecewakan. Meskipun bentuk buritan masih kurang runcing dibanding asli CBR1000RR. Yah, namanya juga cumi!

MENDEKATI SKALA 1 : 1668cbr-wardoyo---endro-4.jpg

Mengejar skala 1 : 1 pada ubahan ini memang susah. Tapi kalau mendekati, Wardoyo memang sudah biasa. Itu dibuktikannya bukan cuma dalam hal olah bodi tapi juga di sektor kaki-kaki dan fitur lain.

Contohnya kaki depan yang memanfaatkan satu set sok milik Honda RCV, yang sedikit dicustom bagian porosnya agar bisa masuk. Kebetulan dimensi sok pas dan tidak mengubah rake saat dipasang.

Pun begitu kaki belakang yang masih memanfaatkan part asli. Namun agar bentuknya selaras, lengan ayun dicustom lewat cara menambah panjang 7 cm dengan konsekuensi mengeser maju posisi dudukan bawah monosok sekitar 3 cm.

Sipnya lagi, Wardoyo bisa nyelipin knalpot handmade di buritan. Cukup pintar memanipulasi kekosangan lantaran dimensin mesin yang memang mau tidak mau jadi kekecilan.

DATA MODIFIKASI


Ban depan : Battlax BT40 120/60-17
Ban belakang : Battlax BT40 10/70-17
Pelek : CB400
Cakram : Nissin
Footstep : Honda RCV
Sein : Variasi
DMC : 0813-8057-1391

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas kira2 brapa ongkosnya ?
gue pingin juga bikin kya gitu.....

Posting Komentar