CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kiprah Doni Tata di World Supersport

Batu Loncatan Lagi

424doni-world-supersport-03---.jpgKeputusan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menerjunkan Doni Tata ke arena World Supersport (WSS) adalah penyelamatan. Diharap cah Jogja itu bisa menata kembali kariernya di balap motor produksi massal 600 cc dunia. Jika mungkin, bisa kembali ke jalan yang benar, Road to MotoGP.

Balap di arena WSS jadi keputusan berat buat Doni. Anak Kiswadi dan Hariyani itu dihadapkan dua pilihan. Doi bisa tetap di GP250, kemungkinan pake Aprilia atau KTM. Berarti Doni say goodbye pada Yamaha yang membesarkannya. Padahal kontrak jangka panjang dengan YMKI berlaku dua tahun.

Jika manut kata Yamaha, dan ke WSS, ia out dari jalur Road to MotoGP. “Nggak gitu lah. Ingat, 2011 nanti, GP250 jadi GP600 4-tak. Dengan ke WSS, nanti jadi GP600, Doni unggul selangkah. Ia punya pengalaman dengan mesin 4-tak. Jadi WSS jalan alternatif,” hibur Edmond Cho, yang dampingin Doni selama berkiprah di GP250.
425doni-tata-09---axl.jpg
Mari tatap kans Doni di WSS. Kabarnya bocah 15 taun itu bergabung tim MG Racing berbasis di Perancis. Tim ini belum pernah di WSS. Tapi, juara supersport Eropa. Tahun ini jadi musim pertama MG Racing di WSS. Doni akan jadi joki pertama, ditemani Loris Bas.

Edmond Cho ngaku gelap soal MG Racing. Selama ini, tim Yamaha yang ada di papan atas WSB atau WSS adalah tim Yamaha Motor Italia. Bisa dibilang, inilah skuad andalan alias tim pabrikan Yamaha di WSB. Tahun lalu tim ini diperkuat Troy Corser dan Noriyuki Haga.

Melihat tim yang akan diperkuat Doni, rasanya kita kudu mawas diri. Meski dijanjikan motor terbaik dari Yamaha Jepang, sebagai tim non-pabrikan, MG pasti gak sehebat pabrikan. Kayak di MotoGP, riset pabrikan lebih mentingin tim utama. Mungkin ini juga terjadi di Yamaha R6 tunggangan Doni. Jangan lupa, di WSS yang dominan Honda dengan CBR600-nya.

“Yamaha Jepang janji kasih motor terbaik. Tapi spare-parts dibikin MG Racing. Tapi minimal basis motornya, R6 masih dikembangkan terus sampai sekarang. Kalau pun ketinggalan nggak banyak. Aku hanya perlu tampil lebih ngotot. Tapi, untuk pertama pasti aku belajar lagi dari awal,” bilang Doni.

Oh ya, Yamaha Jepang juga janji, jika Doni bisa 5 besar di WSS 2009, tahun berikutnya ia langsung ke MotoGP. “Mungkin gantiin Edwards yang isunya akan berhenti 2010,” ujar Doni lagi.

Doain aja.




0 komentar:

Posting Komentar