CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

motor siluman





1186scorpio-yudi_1.jpgSayang lihat motor terlantar di garasi rumah, Wahyu yang tinggal di Tebet, Jakarta Selatan ini pun enggak mau tinggal diam. Sosok Suzuki RGV 250 1994 miliknya dicangkok mesin Yamaha Scorpio Z.

“Mungkin Wahyu punya pengalaman indah dengan RGV. Makanya motor ini dibangun lagi. Tapi, dia ingin pakai 1188scorpio-yudi_3.jpgmesin 4-tak,” ujar Rudi Gunawan, owner Berkat Motor (BM) di Jl. Ciledug Raya, No. 1E, Kreo, Tangerang.

Mantapnya lagi, RGV yang aslinya berfairing pun dibuat jadi streetfighter. Ya, motor petarung jalanan yang model naked bike. Tapi tenang! Hasilnya nggak kalah bersaing layaknya moge.

Maklum aja! Kan, enggak cuma mesin yang dicangkok. Lantaran, beberapa part asal moge juga ikut bersanding di sana. Misal, kaki-kaki Suzuki GSX400. Jadi, motor makin kekar berkat ubahan sekarang.

Lanjut!

KAKI GSX400

1189scorpio-yudi_4.jpgBiar tampilan makin kekar, kaki-kaki pun mengambil milik Suzuki GSX400. Namanya juga kaki moge, ban lebar pun jadi bisa dipasang mendukung tampilan upside down dan swing arm lebar.

“Enaknya lagi, barang limbah yang dipakai juga milik Suzuki. Jadi, nggak perlu banyak ubahan ketika diterapkan di sasis RGV,” ujar modifikator 35 tahun ini. Betul tuh! Misalnya buat aplikasi lengan ayun.

Penyesuaian, hanya dilakukan sebatas akali as arm doang. Itu lantaran lubang as arm di sasis RGV lebih besar. Sedang poros lengan ayun milik GSX lebih kecil sekitar 1,5 mm.

“Akhirnya pakai metode bikin bos, untuk menyesuaikan dengan as arm GSX dengan pipa baja,” ungkap Rudi. Metode seperti ini juga diterapkan ketika pasang peredam kejut depan. As komstir di segitiga Suzuki GSX dibuat lebih kecil agar masuk ke sasis RGV.

ENGINE MOUNTING
1190scorpio-yudi_5.jpg

Aslinya, RGV 250 menganut tipe mesin gantung. Dudukan mesin hanya mengandalkan tumpuan di bagian atas dapur pacu dan belakang mesin. Sedang Scorpio menjepit. Ya, mesin diapit lagi oleh pipa di bagian bawah mesin.

Buat mengaplikasi mesin Scorpio di sasis RGV, Rudi kudu bikin dudukan mesin baru. Tentu agar mesin berdiri sempurna. “Bagian yang dibikin itu, meliputi empat sisi. Yaitu; atas, bawah tengah dan belakang mesin. Layaknya sasis standar Scorpio deh. Engine mounting baru ini, dibuat dari pipa seamless 1,5 inci.

DATA MODIFIKASI

Kaki-kaki : Suzuki GSX400
Tangki : Cagiva Mito
Setang : Variasi
Bodi belakang : Yamaha R6 (2008)
Lampu belakang : Honda Grand
Berkat Motor : (021) 93517093

0 komentar:

Posting Komentar