CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sempat Berpikir Panjang


. HONDA TIGER 2001 (DEPOK)

1994hal7_tiger_endro_1.jpgBudi Tricahyono, pemilik rumah modifikasi Dave Motor Concept (DMC) sempat berpikir panjang kala Agus menyodorkan gambar modifikasi untuk Honda Tigernya. “Wah Tigernya mau dibikin bergaya chopper, pusing gue !” cerita owner DMC yang buka bengkel di kawasan Sawangan, Depok.

Bukan apa-apa, pasalnya selama DMC berdiri, ubahan motor yang dibuat umumnya sport atau bebek bergaya streetfighter atau full fairing. Baru kali ini ada pelanggan yang minta dibuat modifikasi chopper. Tapi prinsip memuaskan pelanggan dipegang teguh oleh DMC. Singkat cerita permintaan Arjuna bikin Tiger chopper akhirnya disanggupi.1996hal7_tiger_endro_3.jpg

“Modifikasi motor prinsipnya sama saja, apalagi basic ubahan DMC pakai pelat besi yang biasa dipakai untuk motor chopper. Jadi gak masalah,” ujarnya. Namun biar hasilnya berkualitas perlu banyak belajar soal ubahan motor bergaya chopper. “Saya banyak browsing di internet dan cari gambar dari majalah chopper luar negri,” bilang builder berambut ikal ini.Aliran yang disepakati chopper Eropa Style.

Tiger dibikin motor chopper yang berkesan mewah namun tidak banyak ruang kosong alias padat berisi. Akhirnya rangka asli yang terpakai hanya bagian komstir sampai dudukan mesin saja. Sisanya mengandalkan rangka baru dari pipa besi.

1997hal7_tiger_endro_4.jpgSesuai konsep, rangka didesain menghindari ruang kosong. Ini bisa diamati dari ubahan sasis di bawah jok yang terbungkus rapi pelat setebal 0,8 mm. Bagian ini menjadi satu dengan spatbor belakang. “Rangka di bawah komstir juga dibungkus pelat biar terkesan padat,” jelas pria yang tinggal di komplek Maharaja, Depok.

Biar posisi sok depan lebih centang, sudut rake diubah 45 derajat. Setelah dicekoki suspensi depan eks motocross baru deh roh unggangan chopper sejati muncul. “Suspensi motorcross tipe upside down cocok dipasang sebab dimensinya lebih panjang dari bawaan motor,” ucap Budi.1995hal7_tiger_endro_2.jpg

MESIN TIPU-TIPU


Menyiasati bagaian mesin yang kosong harus diisi dengan bodi tambahan. tentunya agar bagin dapur pacu tetap tampak berotot. Nah, bodi siluman ini dibentuk meyerupai kelengkapan mesin seperti lazimnya Harley-Davidson.

Bisa dilihat pada mesin bagian kiri, seolah dipasang cover primary yang menutupi rantai dari gearboks ke bagaian mesin. Sedang bagian kanan, pelat besi dibentuk seperti bagian girboks. Cucok !

DATA MODIFIKASI

Sok depan : Kawasaki Enduro 450cc
Lampu : : Foglamp Suzuki Karimun
Footstep : Custom DMC
Knalpot : Custom DMC
Sepatbor : Custom DMC
Setang : Custom DMC
Ban depan : Metzeler 70/90-21
Ban belakang : Dunlop 180/70-16



0 komentar:

Posting Komentar