CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

YAMAHA NOUVO 2007 (JAKARTA


Ide Liar

2209nouvo_endro-1.jpgIni dia jawara kelas x-treme di MOTOR Plus Skubek Contezt di arena otobursa 2-3 Mei kemarin. Secara ide sungguh sangat liar dan tak ada satu pun yang bisa menandinginya. Memang belum sempurna 100% tapi penghargaan itu sangat pantas buat ide liar seperti ini. Ada bule yang nonton dan mengira motor ini menganut konsep baby Dogde Tomahawk. Itu lho motor konsep 10 silinder yang diperkenalkan dari 2003 lalu.

Namun kata Antonius Chandra sang pemilik, justru tidak meniru Tomahawk. Murni hasil coretan tangan sendiri di atas kertas. Kemudian diwujudkan dalam bentuk asli di Yamaha Nouvo. Hasilnya memang liar. Lihat saja mulai dari kaki-kaki hingga bodi. Penampilannya mampu menyedot perhatian siapa saja yang datang ke arena contezt. 2210nouvo_endro-2.jpgUntuk roda misalnya, penggunaan telapak super lebar, 10 inci depan dan belakang, bisa dianggap sesuatu yang istimewa. "Nggak hanya lebar, tapi bibirnya juga sangat celong dan modelnya murni desain sendiri," kata juragan Ton's Chrome ini.

Hal lain yang juga menarik desain sok dan pembuatan arm di roda depan. "Tabung pakai punya Yamaha Force 1, sedang per custom sendiri," lanjut pria berambut gondrong ini. Bagian ini menggunakan per spiral 8 mm yang finishingnya dilapis kemilau krom.

Sementara itu arm depan menggunakan pipa besi ketebalan 10 mm. "Biar lebih sangar dibuat lubang-lubang," bangga pria asal Palembang ini. Bentuk yang didesain melengkung memang menimbulkan kesan sangar ditambah mewah.

2211nouvo_endro-3.jpgKelar dapat model di kaki barulah ide liar berikutnya berkembang ke bodi. Enggak hanya sekadar memundurkan mesin, tapi rangka yang dipakai hanya komstir dan underbone. "Totalnya mundur 30 cm, 10 cm di depan mesin dan 20 cm di belakang mesin," tambah Anton lagi. Bagian atas rangka juga dibuat ulang dari pipa diamteer 25 mm dengan ketebalan 3 mm.

"Rangka di atas yang menopang bodi custom. Selain itu juga, kan pada tempat itu diposisikan sebagai pegangan tangki bensin," tambah ayah tiga anak ini lagi. Karena itu jika rangka full pelat 1,2 mm tadi diangkat maka bentuk tulang Nouvo ini sudah sangat jauh berbeda dengan standar. Biar lebih sip, rangka tadi juga kena proses powder coating.

Sebenarnya bentuk bodi ini sangat terpengaruh kondisi roda. "Supaya harmonis, sehingga karena roda gendut banget, makanya detail di bodi juga seperti itu," beber Anton yang buka bengkel di Jl. Raya Ciputat No. 1, Pondok Pinang, Jakarta Selatan ini.

Maksudnya bentuk depan yang menggelembung ditambah pemilihan 4 lampu bulat dan unik.

Namun secara finishing masih diperlukan pembenahan. Misalnya di bagian cat tapi sekali lagi ide liar seperti ini yang memang dibutuhkan kalau ikutan contezt dan bermain di kelas x-treme.

Selamat!

AIRBRUSH HELM2212nouvo_endro-4.jpg

Ide untuk membuat tampilan bodi enggak polos begitu saja memang pas di skubek ini. "Kalau polos kesannya kurang sip," cerita Anton. Karena itulah timbul ide untuk menggunakan teknik airbrush. "Idenya datang setelah melihat helm yang dipajang di toko, eh ternyata pas juga," kekeh pria kurus ini. Inspirasi datang dari mana saja Bro!

TANGKI HARLEY


Tangki bensin yang digunakan Anton kali ini ternyata cabutan dari Harley chooper miliknya. "Pas dengan bentuk rangka sekarang ," ceritanya. Efeknya, proyek Harley yang selama ini disiapkan enggak kunjung kelar juga deh!

DATA MODIFIKASI

Pelek : 10 x 14 inci
Ban : Shinko 180/80-14
Per sok : Custom
Sok blk : Jupiter MX 135LC
Bodi : Custom
Ton's Chrome : (021) 7392471



0 komentar:

Posting Komentar