CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Honda Tiger 2008 (Jayapura)




Tidak Monoton Lagi!

1141tiger-topo-yoga-1.jpgSetelah lebih dari satu tahun ‘bertapa’, akhirnya di awal 2009 karya Tauco Custom (TC) kembali nongol. Sejatinya perenungan yang cukup lama menghasilkan ide baru yang cerdas. Untunglah Topo Goedel Atmodjo sang builder berhasil membuktikan bahwa dia sudah berubah. Tidak monoton lagi dengan tampilan runcing dan bersiku.

“Spesial buat come back, membuat sesuatu yang beda. Biar semua tahu, sekarang kami sudah jauh lebih baik,” cuap Topo memulai omongan. Proyek di Honda Tiger from 1142tiger-topo-yoga-2.jpgJayapura, Papua ini meniru Suzuki Gladius. Bentuk yang terkesan membulat memang hal baru bagi modifikator berpenampilan ajaib ini.

Percobaan bikin bodi seperti ini terbukti berhasil. Itu bisa dilihat mulai dari bentuk tangki sampai bodi belakang. “Memang lebih susah sih mengetok pelat membulat seperti ini, tapi itulah tantangan,” cuapnya bersemangat. Detail bodi jadi terlihat sempurna.

Proses penjiplakan Gladius tadi termasuk total. Mulai dari desain jok sampai pemasangan pipa layaknya deltabox di bawah tangki. Tapi kali ini beda fungsi antara asli dan jiplakan.

1143tiger-topo-yoga-3.jpg“Pada Gladius asli, pipa itu beneran rangka utama. Tapi kalau di sini hanya sekadar pemanis aja,” lanjut pria yang buka bengkel di Jl. Kebagusan Raya, No. 99, Jakarta Selatan ini.

Fungsi pipa ini memang hanya sebagai penopang tambahan buat tangki. Sementara untuk material pilih menggunakan pipa tubular ukuran ¾ inci.

Perhatian utama atau yang paling khas di Gladius adalah lampu utama yang juga bisa diaplikasi Topo. “Tapi ini hanyalah lampu variasi dari Thailand. Ini barang langka, tapi saya punya stok tiga,” bangganya macam pebisnis ulung.

Lampu ini kemudian dibuatkan batok yang tampak persis sama dengan Gladius. Tapi sayang TC belum melengkapi dengan sein. Padahal itu penting lho!

SLANG REM RAPI1144tiger-topo-yoga-4.jpg

TC alias Tauco Custom cukup cerdas menjaga kerapian slang rem depan. Upaya yang dilakukan adalah membuat semacam jalur di atas sepatbor depan. “Kebetulan dapat slang panjang. Supaya enak dilihat, jalurnya ikut dibikin rapi,” kata pria kelahiran 8 Februari 1975 ini.

LAMPU REM XCD

1145tiger-topo-yoga-5.jpgBajaj memang penghasil lampu rem keren punya. Setelah stop lamp Pulsar menjadi favorit para modifikator, kali ini punya XCD 125 yang diaplikasi. Menurut para seniman dari TC, bentuknya pas dan serasi dengan tema ubahan bodi secara keseluruhan. Setuju!


DATA MODIFIKASI


Pelek depan : Suzuki Hayabusa 2,5x17 inci
Pelek belakang : Suzuki Hayabusa 5,5x17 inci
Ban depan : Bridgestone 120/70-17
Ban belakang : Bridgestone 180/55-17
Sok depan : Honda CBR 600 (Teleskopik)
Swing-arm : Suzuki Hayabusa
Sok belakang : Suzuki Hayabusa
Knalpot : Custom
Rem depan : Suzuki GSX400
Setang : Renthal
Bodi : Custom pelat 0,8 mm
TC : 0856-9156-7900

more (n_n).....